Pola Hidup Sehat Mahasiswa STIS (2)

Juni 21, 2014 sa

Lama Tidur pada Malam Hari

Penelitian mengenai berapa lama waktu tidur ideal masih menjadi suatu perdebatan, para peneliti saling mengajukan kesimpulan terhadap hasil penelitiannya. Salah satunya penelitian tentang lamanya tidur dilakukan oleh Kripke, dkk di California, Amerika Serikat mendapatkan bahwa risiko kematian meningkat pada waktu tidur 8 jam atau lebih, atau tidur kurang dari 7 jam. Pada penelitian ini angka kematian terendah didapatkan pada wanita dan pria yang mempunyai durasi tidur 7 jam, atau lebih tepatnya antara 6.5-7.4 jam per malam.  Rata-rata mahasiswa STIS tidur selama 6 jam. Angka ini masih tergolong normal.

Sebagaimana kita ketahui kuantitas dan kualitas memengaruhi kualitas hidup kita, terutama pada kesehatan. Sebagai mahasiswa kita harus cukup tidur agar mampu menjalankan semua kegiatan dengan baik.

Frekuensi Makan dalam sehari

Berikut indikator frekuensi makan :
  • 0-2 : kekurangan
  • 3-5 : ideal
  • >5 : berlebihan

Namun tingkat ideal frekuensi makan juga mempertimbangkan porsi per sekali makan. Porsi sedikit dengan frekuensi berkali-kali lebih dianjurkan.

Berdasarkan indikator, lebih dari separuh sampel mahasiswa memiliki frekuensi makan yang ideal yakni sebanyak 68%. Sisanya adalah kekurangan yakni 32% dan 0% untuk frekuensi makan yang berlebihan.

Jenis Makanan Yang Dikonsumsi

Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, kecerdasan, dan pemeliharaan kesehatan. 4 sehat 5 sempurna dicetuskan oleh Prof. Poerwo Soedarmo (1950) mengacu pada slogan “Basic Four” Amerika. Slogan tersebut bertujuan mencegah pola makan banyak lemak, tinggi gula, dan kurang serat.

Hampir seluruh responden setiap hari mengkonsumsi makanan pokok (karbohidrat) yaitu 313 dari total 315 mahasiswa yang disurvai. Untuk jenis protein yaitu lauk adalah 303 (96%). Konsumsi harian jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral yaitu sayur sebesar 273 (87%). Sedangkan kategori jenis makanan 4 sehat 5 sempurna yang paling sedikit dikonsumsi setiap harinya adalah buah sebesar 119 (38%) dan susu yaitu 34% atau 106 dari 315 responden.

Pemenuhan gizi dalam hal ini pedoman gizi seimbang berbeda untuk setiap usia, status kesehatan, dan aktivitas fisik seseorang. Sehingga selain memperhatikan susunan 4 sehat 5 sempurna, sebaiknya dalam makanan harian diperhatikan pula zat gizi dengan jenis dan porsi seimbang yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Beri Komentar