Tren Data Analisis di Masa Depan

Februari 01, 2019 igsd



     Data Analisis telah menjadi bagian penting dari proses pengambilan keputusan di segala aspek dalam beberapa dekade terakhir. Data Analisis membantu dalam membuat sebuah keputusan di bawah ketidakpastian. Dalam sebuah pengambilan keputusan harus didasarkan atas fakta yang dituangkan dalam data bukan atas dasar pendapat atau keyakinan. Seiring berkembangnya ilmu dalam bidang data analisis, hal tersebut memunculkan prediksi mengenai tren data analisis di masa yang akan datang. Berikut beberapa tren mengenai data analisis di masa yang akan datang:

     1. Inisiatif terbentuknya data-culture
Perusahaan mulai secara terbuka menggeser budaya organisasi mereka menjadi lebih terfokus oleh data dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini, suatu perusahaan mengharuskan seluruh staf dan pembuat keputusan untuk fokus pada informasi yang disampaikan oleh data yang ada. Tampaknya saat ini banyak perusahaan yang mulai melakukan inisiatif untuk mendorong perubahan ini, dengan harapan bahwa terbentuknya data-culture akan membantu membuat solusi yang efektif dalam suatu pengambilan keputusan.

     2. Perubahan struktur data yang menghasilkan jenis data yang kreatif
Perkembangan dalam analisis data memunculkan pergeseran dinamis dari metode pengumpulan data, jenis data, dan ketersediaan data. Sebagai dampaknya, maka dimungkinkan di masa yang akan datang memunculkan lebih banyak jenis data yang kreatif, terutama data yang berasal dari elemen yang tidak terstruktur seperti audio, video, dan tipe data lainnya.

     3. Kebutuhan terhadap Real Time Model
Mengumpulkan suatu permasalahan dan bereaksi terhadap permasalahan tersebut dalam kurun waktu mendatang memang sangat membantu, tetapi mengembangkan solusi yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang real-time tentu saja akan memberikan solusi yang lebih efektif. Hal ini memungkinkan munculnya tren real time model yang diterapkan dalam berbagai aspek. Analisis data yang sesuai permintaan atau secara real time dapat mempercepat penerapan terhadap solusi yang akan dihasilkan.

     4. Peningkatan menuju proses otomasi, Artificial Intelligence, teknik, dan metode yang mendalam
Seiring berkembangnya zaman, masalah-masalah yang harus dihadapi semakin kompleks. Hal ini yang memungkinkan berkembangnya berbagai teknik dan metode yang lebih kompleks dan canggih untuk menjawab permasalahan tersebut di masa yang akan datang.
           
     Sifat dinamis dan permasalahan yang kian kompleks dalam bidang data analisis, memungkinkan perusahaan atau individu untuk memgembangkan segala cara agar dapat menghasilkan solusi yang efektif bagi setiap permasalahan. Hal ini yang patut kita nantikan, tren apa yang dihasilkan dalam bidang analisis data ke depan terhadap proses pengambilan keputusan di masa yang akan datang.

Beri Komentar