Kajian Statistik 2013: Kupas Tuntas Sukses Skripsi

Februari 03, 2013 kastik kegiatan skripsi

UKM Forkas kali ini memberikan peluang untuk mahasiswa tingkat 4 dan tingkat lainnya mengupas tuntas seluk beluk skripsi. Acara yang telah lama UKM FORKAS rencanakan ini, di tetapkan pada hari Jum’at, tanggal 1 Februari 2013 bertempat di ruang 255-257 pukul 08.00-selesai. Pembicara dari acara ini pastinya telah professional dan mempunyai pengalaman yang banyak mengenai skripsi di STIS. Yakni Pak Prof. Dr. Abuzar Asra, Pak Hardius Usman, Msi., Pak Muhammad Syukri M.I.S.

Sukses Skripsi ini dihadiri oleh 79 peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa mahasiswi tingkat empat, namun tidak nihil jika mahasiswa tingkat satu pun juga mengikuti acara ini.Sedangkan tidak ada satu pun tingkat tiga karena acara ini berbenturan dengan rapat pleno PKL yang diselenggarakan pada hari dan waktu yang sama di auditorium STIS.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti jalannya sukses skripsi. Mereka menikmati acara yang disajikan oleh pembicara dengan gaya bahasa masing-masing. Pak Hardius misalnya memberikan pembahasan dengan mengerucutkan tema pada isi skripsi. Beliau menuturkan bahwa tidak sedikit mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik yang mengambil topik yang kurang sesuai dengan bidang yang dipelajari, yakni statistik. Guru Pengantar demografi ini membatasi topic pada dasar demografi, yakni fertilitas, mortalitas, dan migrasi. Namun, beliau tidak hanya kritis pada topic yang disajikan mahasiswa sebelumnya, beliau memberikan ide-ide yang cemerlang dan fresh yang terjadi akhir-akhir ini. Beliau juga memberikan tips untuk menemukan masalah sebagai topic skripsi, yakni sering-sering membaca penelitian, jurnal, skripsi yang berkualitas, dan mengikuti tahapan yang diajarkan.

Sedangkan Pak Abuzar menuturkan skripsi untuk mahasiswa DIV berfokus pada proses bagaimana mahasiswa itu menjalaninya. Dengan memberikan tips yang bermanfaat, yakni praying, no time like present, mind data, find inner peace, don’t miss oppurtinity, help is closer than you think, cultivate community, be good to yourself, you are the boss of your writing, don’t be afraid to use the writing of others as a model, dan yang terpenting adalah istiqomah.

Berbeda dengan dosen yang berkecimpung dalam bidang Komputasi Statistik. Pak Syukri berkata bahwa menulis skripsi pada bidang ini layaknya penjahit, berkarya untuk memuaskan pelanggan, bukan untuk menuruti keinginannya sendiri. Beliau memberikan tips non teknis yang sebenarnya merupakan tips yang paling penting dalam melakukan segala pekerjaan. Diantaranya adalah meminta restu orang tua, bersikap positif, perbanyak ibadah, percaya diri, tidak multitasking, dan mengurangi kegiatan non kampus.

Di antara materi pembicara yang disampaikan, banyak pelajaran yang bermanfaat untuk kita ambil. Bagi tingkat satu, dua, dan tiga, acara ini dapat memberikan sedikit gambaran dalam menghadapi skripsi, sedangkan bagi mahasiswa tingkat empat, dapat memberikan angin segar untuk tetap semangat melanjutkan skripsi. Keep spirit, never give up! (mir)

Beri Komentar