Kajian Statistik 2015: Quick Count

Januari 21, 2015 kastik kegiatan

Kajian Informasi Statistik atau lebih dikenal dengan KASTIK telah diadakan dua kali di tahun 2014 lalu. KASTIK yang merupakan acara rutin dari UKM pendidikan bidang FORKAS, kali ini menjadi bagian dari serangkaian acara EDU-FEST yang diadakan oleh UKM pendidikan di bulan November lalu.
KASTIK yang kedua menghadirkan pak Anang Kurnia, yang merupakan dosen statististik dari IPB selaku pembicara yang membahas materi Quick Count/hitungan cepat. Kenapa sih kita membahas Quick Count? Melihat animo masyarakat untuk mengetahui siapa pemimpin Indonesia yang ke-tujuh, banyak masyarakat yang tidak sabar menunggu hasil dari KPU dan menduga-duga kira-kira siapa yang menjadi pemimpin selanjutnya. Sehingga berbagai Lembaga Survey membuat Quick Count. Hasil dari berbagai lembaga ini pun berbeda-beda, ada yang memenangkan calon pemimpin satu ada juga yang memenangkan calon pemimpin yang lain, atau sama-sama mememangkan salah satu calon tapi dengan persentase hasil yang berbeda-beda. Sebagai statistisi, tentu kita harus kritis dalam menanggapi hasil dari berbagai lembaga survei yang ada dan tidak semerta-merta percaya terhadap hasil hitungan cepat tersebut. Karena, taukah kamu kalau hasil Quick Count itu bisa menjadi alat politik. Untuk mengerti mana hasil yang representatif, tentu kita sebelumnya harus tahu dulu bagaimana proses dalam melakukan Hitungan Cepat. Pak Anang memberi materi kajian dari bagaimana cara untuk memulai sebuah Hitungan Cepat yang dilakukan sebuah lembaga Survei, contoh dari hitungan cepat, dan trik agar kita tidak tertipu oleh dahsyatnya hasil hitungan cepat yang mempesona.

Peserta KASTIK yang datang cukup ramai untuk ukuran kajian, hampir memenuhi ruang bawah auditorium STIS. Peserta yang hadir mulai dari mahasiswa tingkat satu sampai tingkat empat. Ada juga perwakilah dari UKM karena acara ini merupakan bagian dari Openig Ceremony EDU-FEST. Cara membawakan materi yang menarik dari pak Anang membuat kita dapat mengikuti kajian dengan asik padahal kebanyakan yang hadir dalam acara kajian ini adalah mahasiswa dari tingkat I yang baru saja memasuki perkuliahan statistik.

Terima kasih untuk kehadirannya di acara KASTIK2 dan silahkan unduh materi kajian di link ini http://tinyurl.com/mfhnthb

Tunggu KASTIK selanjutnya yaa

Beri Komentar