Profesi yang Terancam Punah

Januari 17, 2015 igsd

Seiring berjalannya waktu, diiringi perkembangan teknologi yang semakin canggih, diprediksi akan menggantikan pekerjaan manusia.

Berdasarkan situs komunitas pencari kerja, Glassdoor, menganalisis bahwa otomatisasi pekerjaan akan meningkat drastic pada tahun 2033, dengan 47 persen pekerjaan yang ada saat ini akan diambil alih oleh mesin atau robot.

Mesin dapat dengan mudah menggantikan beberapa jenis pekerjaan dengan ketrampilan rendah seperti telemarketer. Berikut ini 10 profesi yang mudah tergantikan oleh mesin :

1. Teller bank

Pekerjaan yang satu ini sudah dapat tergantikan oleh mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Saat ini, nasabah bank dapat mengambil uang tunai, transfer dana, membayar tagihan, hingga membeli pulsa melalui mesin ATM. Saat ini sekitar 85 persen teller bank digantikan oleh ATM.

2. Kasir

Para pembeli bisa memindai dan melakukan pembayaran secara mandiri melalui mesin tersebut. Hingga saat ini, mesin mandiri tersebut diketahui sudah berjumlah 430.000 unit di seluruh dunia, meningkat hingga empat kali lipatnya dari tahun 2008 lalu.

3. Resepsionis

Tugas menerima panggilan telepon yang biasanya dimiliki oleh resepsionis saat ini sudah mulai dikerjakan oleh mesin penjawab atau sistem asisten virtual. Salah satu sistem yang mulai terkenal adalah virtual receptionist. Di negara dengan teknologi maju seperti Jepang, peran resepsionis bahkan sudah tergantikan robot sungguhan.

4. Operator telepon

Tugas penerima panggilan dari konsumen sudah mulai tergantikan mesin penjawab otomatis.

5. Tukang Pos

Peran surat berbentuk fisik saat ini sudah tergantikan oleh e-mail atau surat elektronik. Selain lebih hemat, tidak menggunakan prangko, kertas, dan lain-lain, e-mail dapat terkirim hanya dalam hitungan detik saja.

6. Travel agen

Selain lebih praktis, konsumen dapat memilah sendiri tiket mana yang paling murah melalui situs maskapai yang digunakan.

7. Juru ketik

Peran juru ketik untuk masa depan diprediksi akan tergantikan oleh mesin atau software pengenal suara. Saat ini, para ahli dan perusahaan teknologi raksasa terus mengembangkan dan menyempurnakan sistem tersebut.

8. Reporter

Dengan meningkatnya layanan blog dan media online, profesi reporter media cetak atau koran diprediksi akan terus menurun.

9. Penginput data (data entry)

Peran pekerjaan ini dapat digantikan oleh software pengenal suara, sama seperti juru ketik.

10. Telemarketer

Peran telemarketer juga bisa digantikan oleh sistem mesin penjawab otomatis.

Namun disisi lain, mesin atau robot masih belum mampu menggantikan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan kemampuan sosial tinggi. Contohnya saja perencana pernikahan (wedding planner) yang bmembutuhkan kemampuan multitasking untuk pengerjaannya, dan juga pekerjaan bidang seni.

Entah kita harus bersuka atau justru was-was dengan kehadiran teknologi ‘pengganti’ manusia, yang jelas setiap perkembangan teknologi akan membawa dampak positif sekaligus negatifnya. Maka yang perlu kita persiapkan adalah ketrampilan untuk menghadapi persaingan masa depan yang semakin ketat.


Beri Komentar