Infografis Hari Kesehatan Dunia

April 10, 2016 inflasi infografis


Hai teman-teman, udah pada tahu belum pada tanggal 7 April kemarin kita memperingati Hari Kesehatan Sedunia loh atau biasa disebut World Health Day. Nah, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia, FORKAS punya infografis menarik nih yang bertemakan “Beat Diabetes”.

Apasih Diabetes itu? Diabetes atau Orang Indonesia banyak menyebutnya dengan Penyakit Kencing Manis adalah penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah menjadi tinggi karena tubuh tidak dapat memproduksi atau mengeluarkan insulin secara cukup. Dan biasanya, orang yang mengidap kencing manis air seninya rasanya manis karena mengandung banyak gula.

Setiap makanan yang kita santap akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Dalam lambung dan usus, makanan diuraikan menjadi beberapa elemen dasarnya, termasuk salah satu jenis gula, yaitu glukosa. Jika terdapat gula, maka pancreas menghasilkan insulin yang membantu mengalirkan gula ke dalam sel-sel tubuh. Kemudian, gula tersebut dapat diserap dengan baik dalam tubuh dan dibakar untuk menghasilkan energi.

Ketika seseorang menderita diabetes, maka pancreas orang tersebut tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk menyerap gula yang diperoleh dari makanan. Itu yang menyebabkan kadar gula dalam darh menjadi tinggi akibat timbunan gula dari makanan yang tidak dapat diserap dengan baik dan dibakar menjadi energy. Penyebab lain adalah insulin yang cacat atau tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin dengan baik.

Terdapat 3 Jenis Diabetes, diantaranya :
1. Diabetes Tipe I, dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup.
2. Diabetes Tipe II, dimana tubuh dapat menghasilkan insulin namun tidak bisa menggunakannya.
3. Diabetes Gestasional, dimana diabetes yang terjadi hanya selama masa kehamilan.

Diabetes dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh dan meningkatkan resiko kematian dini. Komplikasi tersebut dapat berupa stroke, kebutaan, serangan jantung, gagal ginjal, amputasi, dan lain sebagainya.

Semua orang rentan terhadap penyakit diabetes. Banyak kasus kematian yang disebabkan oleh diabetes. Pada tahun 2012 saja, terjadi 1,5 juta kematian yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Dan sekarang ini, sekitar 122 juta orang di dunia menderita diabetes. Kasus diabetes yang paling tinggi yakni Diabetes Tipe II sebanyak 90% kasus dari seluruh kasus diabetes.

Untuk itu, marilah kita jaga selalu pola hidup kita menuju pola hidup yang sehat. Tidak terlalu mengkonsumsi gula berlebih agar kita tidak terjangkit penyakit diabetes. Pola hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri.


Sumber : www.who.int

Beri Komentar