INTERNET OF THINGS : BENTUK REPRESENTASI VIRTUAL BERBASIS INTERNET

Februari 15, 2019 igsd



Globalisasi dipandang sebagai proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur pada transportasi dan telekomunikasi, serta kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong hubungan saling ketergantungan (interdependensi) antara aktivitas ekonomi dan budaya.

Pada tahun 2000, Dana Moneter Internasional (IMF) mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi: perdagangan dan transaksi, pergerakan modal dan investasi, migrasi dan perpindahan manusia, dan pembebasan ilmu pengetahuan. Selain itu, tantangan-tantangan lingkungan seperti perubahan iklim, polusi air dan udara lintas perbatasan, dan pemancingan berlebihan dari lautan juga berhubungan dengan globalisasi. Proses globalisasi memengaruhi dan dipengaruhi oleh bisnis dan tata kerja, ekonomi, sumber daya sosial-budaya, dan lingkungan alam.

Salah satu bukti adanya globalisasi adalah kemunculan Internet of Things (IoT). IoT adalah suatu konsep dimana objek tertentu memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. IoT ini telah berkembang pesat mulai dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan juga internet.

Dilansir Hackernoon, IoT telah merubah berbagai industri dan membawanya ke tingkat baru. Industri ini meliputi layanan kesehatan, finansial, dan lainnya. IoT juga membawa pengaruh bagi perkembangan teknologi, baik kemunculan perangkat mobile maupun dari software yang terus ditingkatkan. IoT ini juga kerap diidentifikasikan dengan RFID sebagai metode komunikasi. Walaupun begitu, IoT juga bisa mencakup teknologi-teknologi sensor lainnya, semacam teknologi nirkabel maupun kode QR yang sering kita temukan di sekitar kita. Kemampuannya beragam, mulai dari menjadi remote control hingga pengolahan bahan pangan, elektronik, dan berbagai mesin atau teknologi lain yang semuanya tersambung ke jaringan lokal maupun global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif menyala. Jadi, sederhananya istilah Internet of Things ini mengacu pada mesin atau alat yang bisa diidentifikasikan sebagai representasi virtual dalam strukturnya yang berbasis internet.

Beri Komentar