Catatan Penelitian 2011 Statistician

Juli 10, 2011 kegiatan statistician


Halloo sobat statistisi, UKM FORKAS kembali mau bagi-bagi cerita nih. Masih ingat kan dengan D’Shadow edisi I tahun 2011? Hayoo, di space FORKAS, ngebahas apa?? Taraam, yap bener banget. Tentang pembekalan STATISTICIAN (Statistic in Action) yakni penelitian mengenai kecukupan dan pengalokasian TID kita!! Kali ini, yang dibahas masih sama, tapi udah pelaksanaanya, bukan pembekalan lagi. Chek it out!

Nah, setelah mengalami perjalanan panjang pembekalan penelitian, project penelitian FORKAS (yang tidak lain dan tidak bukan adalah STATISTICIAN) pun dilaksanakan. Dalam penelitian ini, dibagi beberapa tim untuk tugas tertentu yakni tim analisis, tim kuesioner, tim metodologi dan tim pengolahan. Tim analisis menentukan batasan masalah yang akan diteliti, serta membuat diagram alur analisis permasalahannya. Tim kuesioner merumuskan konsep definisi dari penelitian, kemudian membuat daftar pertanyaan yang diperlukan dalam penelitian (kuesioner). Tim metodologi, berkutat pada penentuan metode pengambianl sample yang sesuai dalam penelitian ini. Sedangkan tim pengolahan yang membuat program untuk mengolah data dan tabulasi data yang didapat dari hasil pencacahan.

Setelah terbentuk, tim-tim tersebut bekerja sesuai ranah bidangnya. Setelah tim analisis nentuin batasan masalah (mengenai kecukupan dan pengalokasian TID, wow ^^), lanjut deh tim kuesioner buat nentuin kondef yang digunakan dalam penelitian, sekaligus nyusun kuesionernya. Setelah itu, baru tim metodologi nentuin siapa-siapa aja yang jadi sampel. Maka, sampai lah STATISTICIAN pada tahap pencahahan, setelah sebelumnya ada pelatihan kondef 18 Juni 2011.

Dan selamaaaattt, jika Anda terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini, hehe. Atau malah kaget? Ups, stay cool dong :P. Pemilihan sampel ini menggunakan metode systematic random sampling.

Tahap pencacahan ini dilaksanakan selama dua minggu dan berakhir 2 Juli 2011. Setelah selesai, giliran tim pengolahan yang bekerja mengolah data yang diperoleh agar mudah dianalisis. Dan tunggu hasilnya ya. Semoga bermanfaaaaat

Oleh: Erni Latifah

Beri Komentar