Statistika itu Sulit Namun Mempermudah

Januari 15, 2012 igsd


Begitu mendengar kata statistik, pikiran anak-anak sma yang masih labil pun tertuju kepada cabang ilmu matematika yang memiliki banyak rumus dan sangat ribet untuk dikerjakan. Sebelum saya menulis lebih mendetail dan mendalam ada baiknya saya mengkaji hal sepele yang sering disalah artikan di dalam dunia perstatistikaan . Yakni Statistik dan Statistika. Berikut adalah info yang saya dapatkan dari blog risamasu.wordpress.com tentang perbedaan antara statistik dan statistika . Statistik adalah kumpulan data, bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam table dan atau diagram yang melukiskan suatu persoalan. Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan.

Di masa SMA Statistika merupakan salah satu bab di mata pelajaran matematika . Karena merupakan bagian dari mata pelajaran matematika maka statistika pada masa SMA lebih ditujukan untuk menghitung angka suatu data dan menghapal rumus yang cukup membuat kepala pusing namun belum menyatakan apa arti nilai tersebut. Menurut saya, itulah penyebab banyak pelajar yang kurang tertarik dengan bab tersebut.

Sebenarnya tujuan para ilmuan mengembangkan Ilmu Statistik adalah untuk mengetahui keadaan dunia sebenarnya baik dibidang ekonomi maupun dibidang sosial. Sehingga ada yang menyebutkan bahwa Statistika itu bukanlah ilmu pasti namun juga merupakan ilmu sosial. Statistika terbagi menjadi 2 yakni Statistika Deskriptif dan statistika inferensia.berikut pengertian keduanya yang saya kuti dari nabirekab.bps.go.id . Statistika deskriptif adalah tehnik yang digunakan untuk mensarikan data dan menampilkannya dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh setiap orang. Mengambil kesimpulan tentang suatu populasi berdasarkan data dari sampel yang terbatas merupakan tujuan dari suatu proses pengambilan keputusan inferensial atau statistik induktif.

Memang cukup sulit memperdalam kedua ilmu tersebut . Namun kedua ilmu tersebut itu adalah ilmu yang sangat membantu para mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi . Bukan hanya mahasiswa yang kuliah di bidang statistika yang membutuhkan ilmu tersebut . Bahkan mahasiswa kedokteran dan ilmu kelautan juga membutuhkan ilmu tersebut untuk melakukan penelitian yang kelak akan dipresentasekan sebagai skripsi.

Statistika itu memang sulit namun bertujuan mempermudah . Tanpa ilmu statistika pemerintah tidak akan bisa menganalisa permintaan rakyatnya , dan pemerintah juga tidak tahu bagaimana keadaan rakyatnya. Tanpa statistika kita tidak akan tahu keadaan ekonomi suatu negara. Bahkan tanpa statistika kita tidak akan bisa mengekspektasikan bahwa negara Yunani akan bangkrut.


Oleh: Mohamad Nurfajar Kapriaji

Beri Komentar