Resensi Buku: Tangguh Dengan Statistik

Desember 30, 2012 buku igsd


Judul Buku : Tangguh dengan Statistik
Penulis : Jousairi Hasbullah
Penerbit : Nuansa Cendekia
Tahun Terbit : 2012
Tebal : 238 halaman
Ukuran : 15,5 x 23,5 cm
Harga : Rp49.000

Bingung memahami angka-angka yang ada di publikasi BPS? Ingin memperkaya wawasan terkait makna dan peran statistik sesungguhnya? Atau mau lebih mendalam memahami statistik melampaui pengertian data dan angka? Buku keempat Jousairi Hasbullah, pakar statistik yang aktif di berbagai kegiatan statistik nasional dan internasional ini wajib menjadi referensi bacaan bagi siapa pun, baik pemerintah, pengusaha, mahasiswa, pengamat, politisi, tokoh masyarakat, wartawan, terutama insan statistik yang ingin TANGGUH dalam memahami kebenaran hakiki dari sebuah fakta: data statistik.

Prof. Dr. Emil Salim di bagian pengantar menyebutkan salah satu tantangan besar BPS terletak pada upaya memberi pengetahuan kepada publik tentang cara membaca data statistik secara benar agar bisa diterima objektivitasnya. Buku Jousairi, Direktur Statistik Ketahanan Sosial BPS, mampu menjawab tantangan tersebut dengan karya ilmiah popular yang meleburkan objek beku ilmu statistik dengan bahasa sederhana, ringan, dan jelas, sehingga menuntun kita yang awam sekalipun tak sekadar memahami dan handal ‘membunyikan’ tetapi menjadi tangguh: cerdas, menguasai informasi, dan rasional, dengan statistik.

Melalui buku ini, pembaca dibawa dalam satu sesi khusus yang menguak the Power of Statistics sebagai kekuatan dahsyat proses keilmuan karena independensi, imparsialiti, mutu, dan kekuatan utamanya yang menerangkan realita kehidupan, facts-based. Isi buku ini mengurai perspektif yang diperlu dibangun ketika berhadapan dengan data statistik resmi (official statistics), seperti angka pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, kemiskinan, produksi padi, IPM, kependudukan, potensi desa, dan statistik lainnya. Selanjutnya bagaimana memahami makna dan menginterpretasikannya secara benar dengan menghindari jebakan bahasan verbal subjektif (atas dasar persepsi personal).

Mengutip kalimat yang ada, “Statistik bukan sekadar angka. Pada angka itu ada mata dan jendela. Ketika angka itu dibuka perlahan dan hati-hati maka akan dapat dipandang suatu panorama yang menakjubkan, entah karena keindahannya, keunikannya, atau permasalahannya”. Begitulah adanya di balik suatu angka statistik. Jadi, jika Anda ingin tangguh dalam melihat realita dunia, pelajarilah makna di balik setiap angka statistik. Pelajari buku ini. Jangan sampai terkena virus syak wasangka terhadap angka statistik. Bagi yang berminat, buku ini bisa didapatkan di toko buku Gramedia se-Pulau Jawa atau dengan menghubungi 021-3507050 ext. 4301. Nantikan juga kehadiran buku ini dalam waktu dekat di toko buku Gramedia luar Pulau Jawa. Selamat membaca.


Sumber : varia statistik Desember 2012

Beri Komentar