Penulis Buku Metstat di Kalangan STIS

Januari 30, 2014 igsd


Siapakah sih yang gak kenal buku ini selama pernah belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Yak, buku Statistik Teori dan Aplikasi ini biasa digunakan kita dan teman-teman sebagai referensi mata kuliah Metode Statistik baik jilid satu pada tingkat 1 dan jilid dua pada tingkat dua. Hampir semuanya dipastikan mengerti siapakah penulis buku ini

Jeng..jeng.. Penulisnya adalah Bapak J.Supranto.

Bapak ini merupakan alumni STIS yang duluya bernama AIS yang berada pada angkatan pertama. Prof. J Supranto, MA. APU adalah Guru Besar pada Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta, sejak April 1999, pada Program Magister Manajemen UPI YAI sampai sekarang. Lahir di Semarang pada 22 Mei 1939. Sejak tahun 1964 hingga 1996 mengabdi di Kantor Biro Pusat Statistik, dan menduduki berbagai jabatan penting diantaranya Ahli Peneliti Utama, bidang Ekonomi dan Manajemen. Di samping itu, juga menjadi Dosen Akademi Ilmu Statistik, Fakultas Ekonomi UI, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Universitas Atmajaya, Tarumanagara, dan Trisakti.

Sejak 1997 sebagai Dosen S2 pada Program Magister Manajemen dan Dosen S3 Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Persada Indonesia YAI sampai sekarang, mengajar mata kuliah Metode Penelitian, Metode Kuantitatif untuk Bisnis, Ekonometrika, Riset Pemasaran, Manajemen Pemasaran.

Pengalaman Kepemimpinan/manajemen di lingkungan Universitas Persada Indonesia YAI, Menjabat sebagai Wakil Bidang II ( Publikasi Ilmiah, Jurnal & Hak Paten) pada Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) UPI YAI sejak Sepetember 2010- sekarang, Sebagai Pembina Fakultas Psikologi UPI YAI sejak 01 April 2009-Agustus 2010, pernah menjabat Kepala PPEA Pascasarjana UPI YAI 1999-2009.

Riwayat Pendidikan
  • University of Wisconsin, USA, (Computer Course), 1970
  • University of North Carolina, USA, (Master of Experimental Statistics), 1963
  • Akademi Ilmu Statistik (Bachelor of Statistics), 1961

Pendidikan Professional
  • Sekolah Staf & Pimpinan Administrasi, SESPA, 1974
  • Kursus Statistik untuk Perencanaan, Tokyo, 1975
  • Kursus Perencanaan Pembangunan Nasional, Jakarta (BAPPENAS & ESCAP BANGKOK), 1975
  • Training of Trainer, Yakarta (LAN & ESCAP BANGKOK), 1975 


Oleh: Miranti 54

Beri Komentar