Potensi Penggunaan Big Data di Indonesia

Februari 09, 2019 igsd




Big Data akhir-akhir ini menjadi topik yang paling hangat diperbincangkan di kalangan akademisi terutama bagi para pemerhati teknologi dan analis data. Hal ini tak lepas dari Big Data itu sendiri yang merupakan kumpulan data berukuran sangat besar yang kemudian akan dianalisa atau diproses lagi untuk keperluan tertentu, seperti membuat keputusan (decision maker), prediksi, dan lainnya.
  Di Indonesia sendiri, pemanfaatan Big Data terbilang masih sangat minim. Padahal, apabila ditelusuri lebih jauh lagi, banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila Big Data dipergunakan secara optimal sesuai dengan keperuntukannya. Berikut beberapa pemanfaatan Big Data yang dapat diterapkan di Indonesia :

Bidang Agrikultur ; sebagai wadah pengumpulan informasi-informasi terkait bidang agrikultur seperti kualitas tanah dan luas sawah yang dapat digunakan oleh para petani untuk meningkatkan produksi panen, memprediksi waktu yang tepat untuk bercocok tanam, dan lain sebagainya.

Bidang Pajak ; dalam bidang ini sendiri, masih dalam tahap pengembangan berupa demo dari sistem pajak online yang dapat memperlihatkan visualisasi detail mengenai silsilah keluarga, jenis dan barang kekayaan apa saja yang dimiliki, serta jenis pajak dan status apakah yang bersangkutan sudah membayar pajak atau belum.

Teknologi Wearable ; selain digunakan untuk komunikasi dan navigasi, teknologi wearable juga dapat digunakan sebagai pengumpul informasi yang beragam jenisnya mulai dari informasi kebencanaan, informasi umum kendaraan, informasi aktivitas sehari-hari, dan juga informasi kepadatan penduduk di suatu area publik.

Bidang Kesehatan ; memusatkan semua informasi kesehatan penduduk Indonesia sehingga dapat diolah dan dianalisis, seperti memprediksi penyakit dan mengetahui tingkat kesehatan penduduk Indonesia.

Pengembangan Bahasa Indonesia ; dapat mengelompokkan jutaan kata dalam Bahasa Indonesia, memetakan tata kalimat untuk keperluan penerjemahan ke bahasa asing ataupun sebaliknya serta fitur Automatic Essay Grading yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian tugas siswa secara otomatis tanpa harus mengoreksi satu per satu secara manual.

Contoh-contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari pemanfaatan Big Data, masih banyak sektor dan masalah lain yang dapat diselesaikan dengan implementasi Big Data. Seperti pengelolaan energi, makanan, pendidikan, keamanan, hingga mengurangi kemiskinan. Hal ini menunjukkan seberapa penting Big Data dalam membangun negara di masa mendatang.


Dikutip dari berbagai sumber

Beri Komentar