Ayo Bangun Desa Gedepangrango Melalui FMKI

Januari 13, 2013 kegiatan

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) dan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) berkolaborasi dalam mewujudkan Gedepangrango Sejahtera 2017 di bawah naungan FMKI (Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia). Desa Gedepangrango adalah sebuah desa binaan FMKI. Program Desa sejahtera ini bertujuan untuk membangun desa dan masyarakatnya sebagai langkah awal membangun Indonesia kita tercinta.

Jumat, 11 Januari 2013 lalu, perwakilan STKS bersama FORKAS STIS membahas mengenai hal ini untuk memperjelas kolaborasi kedua sekolah kedinasan ini. Program Desa Sejahtera ini bukan semata-mata program STIS-STKS saja, melainkan melibatkan seluruh Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah naungan FMKI. Dalam diskusi ini, turut hadir sang pencetus program sekaligus ketua FMKI periode 2012-2013, Rendiansyah Putra Dinata dari Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial.

STIS yang kesehariannya berkutat dengan data ini diminta untuk berpartisipasi dalam program ini sebagai evaluator Tim Desa Sejahtera. STIS akan melakukan survei di Desa Gedepangrango April ini untuk mendapatkan data awal. Mulai dari desain survei hingga kuisinoner akan dilakukan oleh STIS. Sedangkan pencacahan akan dilakukan oleh mahasiswa STKS yang sebelumnya akan diberi pelatihan oleh mahasiswa STIS. Tabulasi dan analisa akan dilakukan kembali oleh mahasiswa STIS. Pelaksanaan survei awal ini direncanakan akan selesai pada akhir Mei 2013. Di akhir program ini, STIS akan kembali melakukan survei, yakni survei akhir untuk menentukan apakah Tim Desa Sejahtera sudah berhasil atau belum.

Secara singkat, dalam pertemuan kemarin, dibahas mengenai tujuan/goal dari program ini, target-target dan indikator masing-masing terget, serta bagaimana survei awal akan dilaksanakan. Setelah pertukaran pendapat yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam, akhirnya didapatkan 2 kesimpulan sebagai berikut : 1) STIS sebagai evaluator Tim Desa Sejahtera, 2) Pelaksanaan survei awal dilakukan hingga akhir Mei 2013. Kegiatan ini (pembangunan masyarakat Desa Gedepangrango) terbuka untuk seluruh mahasiswa PTK se-Indonesia. Buktikan eksistensimu sebagai mahasiswa PTK melalui kegiatan ini. Mari berpartisipasi!

Beri Komentar