Desain itu Mudah!

Juni 23, 2013 kegiatan pelatihan

Pelatihan desain oleh Kak Yudha Satia
Ruang 335, 12 Juni 2013

Pelatihan design dengan Corel, merupakan salah satu program kerja dari Divisi Pembinaan FORKAS STIS. Pelatihan ini ditujukan hanya untuk intern anggota FORKAS STIS. Pelatihan ini diisi oleh kak Yudha Satia Isnanta kelas 4SK2 di ruang 335 mulai pukul 16.30, 12 Juni 2013. Pelatihan ini dihadiri oleh setiap anggota divisi FORKAS, yaitu Divisi Pembinaan, Divisi Pengembangan, dan Divisi Mistik. Total anggota FORKAS yang menghadiri pelatihan ini lebih dari 10 orang, dari tingkat I hingga tingkat III.

Pelatihan dibuka oleh kak Yudha dengan doa. Kemudian dilanjutkan pengantar singkat mengenai design dengan Corel. Diiringi backsound yang kak Yudha putar dari laptopnya, kak Yudha menjelaskan bahwa berkarya dengan Corel ini lebih cocok untuk membuat shape/bentuk, bukan untuk mengedit gambar. Pertama-tama, kak Yudha menjelaskan mengenai warna, toolbox , dan shapes dasar (lingkaran, persegi).

Sebelum membuat suatu karya dengan Corel X5 ini, kak Yudha menunjukkan beberapa gambar simple yang dapat kami buat dengan Corel sebagai pemula. Seperti icon Twitter, Facebook dan Apple. Yang pertama kami buat adalah icon Twitter. Berupa burung berwarna biru cerah. Tools yang digunakan adalah 3-point curve tool. Tool ini sering digunakan untuk membentuk shapes yang lain (bukan bentuk dasar). Setelah membuat icon Twitter, kami membuat bola dengan shading, menggunakan transparent tool. Masing-masing objek yang kami buat, diberi sentuhan transparent tool. Hasilnya lumayanlah untuk pemula. Salah satu poin yang ditekankan oleh Yudha adalah dalam Corel, yang dipakai adalah teknik tumpang tindih, di mana bentuk yang satu menutup bentuk yang lain untuk menciptakan suatu objek yang menarik.

Waktu semakin larut, hingga akhirnya pukul 18.00 pelatihan ini harus diakhiri sebelum pintu gedung ditutup oleh petugas yang berwenang. Karena kegiatan dibuka dengan doa, maka kegiatan pun diakhiri dengan doa. Meskipun anggota yang hadir tidak terlalu banyak, namun pelatihan ini sukses membuat anggota FORKAS menyukai design, terlihat dari antusiasme saat dan sesudah pelatihan, dan pastinya menambah pengetahuan kami mengenai design khususnya menggunakan Corel X5. Semangat! (ABJ)

Beri Komentar