Infografis Serba-serbi di Bulan Puasa

Juli 04, 2015 inflasi infografis

Hai hai!
Nggak kerasa ya udah hari ke-17 puasa. Kali ini forkas mau ngasih tau tentang serba-serbi di bulan puasa nih. Telat? Hmm…. nggak apa-apa, kok. Better late than never, they said. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk disimak.

Kalian tau nggak durasi waktu berpuasa negara-negara di dunia? Kita, orang Indonesia, termasuk beruntung loh menjalani ibadah puasa hanya sekitar 13 jam. Di Islandia, umat muslim menjalankan ibadah puasa selama 22 jam! Wah, kita yang puasa 13 jam aja terkadang udah lemes di tengah hari, ya. Umat muslim di Chili lebih beruntung lagi dari kita nih, mereka puasa hanya sekitar 9 jam 43 menit aja sehari. Jadi, kalau kalian ada yang nggak kuat puasa 13 jam boleh banget tuh pindah ke Chili, hehehe. Oh iya, untuk info lebih lengkap tentang durasi waktunya bisa diliat di infografisnya yaa.

Nah, kalau tadi udah ada info tentang durasi waktu berpuasa negara-negara di dunia, kali ini forkas mau ngasih tips supaya kalian tetap sehat saat berpuasa. Biasanya orang puasa itu makan sekenyang-kenyangnya saat sahur supaya nggak kelaperan siangnya dan lapar mata saat buka puasa kan? Nggak boleh gitu, guys. Simak deh beberapa tips sahur dan berbuka dari kami.

Sahur


  • Hindari teh dan kopi karena dapat membuat metabolisme berjalan cepat sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak dehidrasi.
  • Konsumsilah makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan nasi merah.
  • Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus di tengah menjalani puasa.
  • Hindari terlalu banyak makanan es karena memudahkan Anda kenyang. Asupan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.


Berbuka


  • Konsumsilah kurma kerena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
  • Pisang sangat baik bagi tubuh Anda sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat.
  • Batasi makanan yang digoreng saat berbuka karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh.
  • Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh agar lancar beraktivitas esok harinya.


Sekian serba-serbi di bulan puasa kali ini. Jangan lupa kalau kalian ditunggu keluarga di kampung halaman. Jadi, jaga diri kalian supaya orang tua nggak cemas. Jaga kesehatan selama berpuasa dan tetap semangat yaaa

Beri Komentar