Mengintip Populasi Manusia di Dunia

Juli 12, 2015 inflasi infografis

Haii sahabat forkas.. gimana kabar libur lebarannya? Bagi yang pulang kampung semoga selamat sampai tujuan yaa. Bagi yang stay di Jakarta tetep semangaat, kan masih ada libur panjang setelah UAS :). Nah, biar liburannya bermanfaat, ada baiknya sahabat forkas nambah ilmu lewat infografis yang telah dibuat oleh teman-teman forkas inihih.

28 tahun silam, tepatnya pada tanggal 11 Juli 1987, populasi manusia di dunia sudah mencapai angka 5 milyar. Sejak saat itu, tanggal 11 Juli menjadi tanggal peringatan bagi Hari Populasi Dunia.

Lantas, berapakah populasi di dunia saat ini? yuuk kita simak infografis mengenai hari populasi dunia berikut..


Populasi dunia pertama kali mencapai angka 1 milyar pada tahun 1804, kemudian menjadi dua kali lipatnya 123 tahun kemudian pada tahun 1927. Sejak saat itu, populasi dunia mulai meningkat tajam. Alhasil, hanya dibutuhkan waktu selama 33 tahun untuk mencapai angka 3 milyar (1960), kemudian 14 tahun hingga mencapai angka 4 milyar (1974), dan 13 tahun untuk mencapai milyar kelima. Setelah itu, milyar keenam dan ketujuh menyusul masing-masing pada tahun 1999 dan 2011. Dan berdasarkan data dari United Nations, saat ini populasi dunia telah mencapai angka 7,32 milyar jiwa.

Kini, populasi dunia tumbuh sekitar 1,14% per tahun. Tingkat pertumbuhan ini cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Puncak tertinggi dari tingkat pertumbuhan populasi dunia terjadi pada tahun 1963. Saat itu, populasi dunia tumbuh sekitar 2,19% dalam setahun. Diprediksi bahwa tingkat pertumbuhan ini akan kurang dari 1% pada tahun 2020 dan kurang dari 0,5% setelah memasuki tahun 2050.

China masih memuncaki klasemen teratas dari negara dengan populasi terbesar di dunia dengan jumlah 1,4 milyar jiwa. Hampir seperlima dari manusia di jagat raya tinggal di negeri tirai bambu ini. Posisi kedua dan ketiga masih ditempati oleh India (1,2 milyar) dan Amerika Serikat (322 juta). Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia masih belum beranjak dari posisi keempat dengan jumlah populasi sekitar 252 juta jiwa.

Jika ditinjau dari sisi agama, populasi dunia didominasi oleh umat kristiani dengan persentase sebesar 31%. Umat muslim berada di posisi kedua dengan jumlah populasi adalah 23% dari populasi dunia. Penduduk yang tidak beragama memiliki proporsi sebesar 16% dari penduduk dunia, kemudian umat Hindu dan Buddha masing-masing memiliki memiliki persentase sebesar 15% dan 7,1% dari populasi dunia.

Di masa depan, diramalkan bahwa populasi dunia akan mencapai 8 milyar jiwa sekitar 9 tahun dari sekarang. Lalu milyar kesembilan diestimasi akan tercapai pada tahun 2042. Jika saat ini populasi dunia baru mencapai 7 milyar jiwa, tahukah kamu berapa jumlah total manusia yang pernah terlahir ke Bumi sejak manusia pertama menginjakkan kakinya di planet ini? Hanya Tuhan yang tahu pasti berapa jumlahnya, tetapi para ilmuwan memperkirakan bahwa telah ada sekitar 106 milyar manusia yang pernah hidup di muka bumi ini.

“During humanitarian situations, women and adolescents are highly vulnerable. Their right and your responsibility are to ensure their most basic hygiene, health, dignity, safety, and protection.”

Selamat Hari Populasi Dunia!

Sumber data: United Nations (2015)

Beri Komentar