Infografis Hari Film Nasional

April 03, 2016 inflasi infografis



Taukah kalian kalau setiap tanggal 30 Maret kita merayakan Hari Film Naional? Tanggal 30 Maret dipilih karena pada tanggal tersebut tahun 1950 menjadi hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi. Film tersebut disutradarai oleh Usmar Ismail.

Meski begitu, perfilman Indonesia sudah dimulai sejak jauh tahun sebelumnya meski masih banyak dibuat oleh orang Belanda. Tepatnya pada tahun 1926, seorang sutradara Belanda G. Kruger dan L. Heuveldorp membuat sebuah film bisu bernama Loetoeng Kasaroeng. Meski dibuat oleh orang Belanda tapi banyak juga loh aktor lokal yang berperan dalam film ini.

Usai Belanda, ada Jepang. Kehadiran Jepang di Indonesia ternyata membuat perfilman Indonesia semakin surut. Kenapa? Karena Jepang membatasi film yang boleh beredar di bioskop; utamanya adalah film propaganda Jepang dan hanya boleh menayangkan film yang sudah ada alias tidak boleh menambah film lokal baru.

Di hari jadinya yang ke 66 ini, ada beberapa hal menarik nih mengenai lika-liku perfilman di Indonesia, Cekidot....

Perfilman di Indonesia telah melewati banyak rintangan untuk mencapai kesuksesan seperti ini. Untuk itu, dalam rangka menghargai film - film di Indonesia kita harus melakukan sesuatu seperti tidak membajak ataupun mengkonsumsi film tersebut dalam kondusi bajakan. Nah itulah infografis buat minggu ini. Pantengin terus blog Forkas buat Infografis lainnya. See you :)

Beri Komentar