Aplikasi Ilmu Statistik di Berbagai Bidang

April 06, 2017 igsd



Hey sahabat statistik! Kemarin sudah dibahas mengenai tokoh-tokoh statistik dunia, sekarang kita perdalam lagi nih tentang statistik. Statistik itu sebenarnya apa sih? Jadi... Statistik adalah sekumpulan konsep dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menginterpretasi data tentang bidang kegiatan tertentu dan mengambil kesimpulan dalam situasi dimana ada ketidakpastian dan variasi. Statistik itu ada berapa macam? Sebenarnya statistik itu banyak macamnya lho gaess dan bisa berkabolari dengan ilmu lain.... Eitts tapi sebelumnya ada informasi tambahan juga nih mengenai apa itu official statistik.


OFFICIAL STATISTIK


Official statistik adalah statistik yang dipublikasikan oleh lembaga (instansi) pemerintah, seperti kementerian atau lembaga pemerintah termasuk lembaga atau organisasi internasional; BPS (Indonesia) , ABS (Australia), Departemen Statistics of Malaysia (Malaysia), dll. Official statistik atau biasa dikenal dengan statistik dasar diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam menyelenggarakan statistik dasar, BPS memperoleh data melalui sensus, survei, kompilasi produk administrasi, dan cara lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ternyata statistika itu punya keterkaitan dengan ilmu lain atau biasa disebut statistika terapan. Berikut akan dikupas satu persatu mengenai aplikasi ilmu statistik diberbagai bidang.


BIOSTATISTIK


Biostatistika (gabungan dari kata biologi dengan statistika) adalah penerapan ilmu statistika ke dalam ilmu biologi. Ilmu biostatistika meliputi rancangan percobaan biologi, utamanya dalam bidang agrikultur dan kedokteran, pengoleksian data, peringkasan data, dan analisis data percobaan. Adapun fungsi biostatistik antara lain, perencanaan program pelayanan kesehatan, penyelesaian masalah kesehatan, analisis berbagai penyakit selama periode waktu tertentu (time series analysis), memberikan gambaran/ ukuran mengenai status/ derajat kesehatan, untuk evaluasi program kesehatan, membandingkan status kesehatan di berbagai daerah, memotivasi tenaga kesehatan dan policy maker (pembuat kebijakan,-red) untuk menyelesaikan masalah kesehatan, dan menentukan prioritas masalah kesehatan


EKONOMETRIKA


Ekonometrika merupakan cabang dari ilmu ekonomi dengan menggunakan dan menerapkan matematika dan statistika untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang dibuat dalam suatu model ekonometrik yang kemudian diestimasi hasilnya dan diuji lagi kesesuaiannya dengan teori ekonomi yang sudah ada. Berdasarkan data yang digunakan, ekonometri dibagi menjadi tiga analisis, yaitu analisis runtun waktu (time series), antar-wilayah (cross section), dan analisis data panel. Saat ini penggunaan ekonometri telah sedemikian luas sehingga hampir semua jurnal, tesis, disertasi, dan bahkan skripsi dalam ilmu ekonomi memakai ekonometri sebagai salah satu alat yang digunakan. Sementara itu dalam praktiknya, ekonometri terutama dipakai di bank sentral, oleh tim ekonomi pemerintah untuk melakukan perencanaan dan analisis kebijakan ekonomi, dan juga oleh dunia usaha untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan. Selain di bidang moneter, ekonometri juga sudah banyak dipakai di berbagai bidang ekonomi yang lain dan juga bisnis dan manajemen, seperti mikroekonomi, marketing, dan finance.


STATISTIKA BISNIS


Statistika Bisnis ialah ilmu penentuan kebijakan yang baik dihadapan ketidakpastian dan digunakan dalam banyak disiplin ilmu seperti analisa finansial, ekonometri, auditing, produksi dan operasi termasuk dengan peningkatan jasa, dan penelitian pemasaran.Sumber-sumber ini memiliki pengulangan dari kemunculan serial data. Ini menjadikan topik deret waktu sebagai hal yang amat penting untuk statistika bisnis. Ini juga merupakan percabangan dari statistika terapan yang biasanya mengerjakan data yang diambil sebagai produk sampingan dari bisnis atau dari agen pemerintahan. Ilmu tersebut memberikan keilmuan dan keterampilan untuk mengartikan dan menggunakan teknik statistika dalam berbagai aplikasi bisnis.


AKTUARIA


Ilmu Aktuaria adalah ilmu yang mengaplikasikan metode matematika dan ilmu statistika untuk menaksir risiko dalam industri asuransi dan keuangan. Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan – persoalan bisnis aktual. Persoalan – persoalan dimaksud adalah persoalan yang umumnya menyangkut analisis kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial, khususnya yang berhubungan dengan besar pembayaran pada masa depan dan kapan pembayaran dilakukan pada waktu yang tidak pasti. Maka untuk mengukur risiko yang terkait dengan financial, seorang Aktuaris membutuhkan yang namanya alat pengukur risiko yang biasa digunakan oleh para perusahaan asuransi diantaranya adalah Annuity Table, Mortality Table, Mordibity Table, and Other Statistic.


PSIKOMETRIK


Psikometrik adalah bidang yang berkaitan dengan teori dan teknik dalam pengukuran pendidikan dan psikologis, mencakup pengukuran pengetahuan, kemampuan, sikap, dan sifat kepribadian. Bidang ini terutama mempelajari perbedaan antar individu dan antar kelompok. Penelitiannya terutama pada Pembuatan alat dan prosedur pengukuran, serta pengembangan dan penyempurnaan pendekatan teoretis terhadap pengukuran. Kebanyakan dari kerja awal secara teoretis dan terapan dalam psikometrik dilakukan dalam upaya mengukur kecerdasan. Konsep kunci tradisional dalam teori tes klasikal adalah reliabilitas dan validitas. Alat ukur yang reliabel melakukan pengukuran dengan konsisten, sementara pengukuran yang valid adalah yang mengukur apa yang akan diukur.


FISIKA STATISTIKA


Fisika statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat atau perilaku sistem yang terdiri dari banyak partikel. Generalisasi perilaku partikel merupakan ciri pokok dari pendekatan statistik. Sampai saat ini pendekatan statistik cukup memadai untuk mempresentasikan keadaan sistem dan perilaku partikel penyusunnya. Oleh karena itu perlu disusun cara memahami keadaan suatu sistem dan perilaku partikel pada sistem partikel yang memenuhi hukum-hukum fisika klasik maupun fisika modern.


DEMOGRAFI


Kependudukan atau demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Demografi meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu. Ada dua macam pengumpulan data yaitu metode langsung dimana data berasal dari statistik yang mencatat seluruh kelahiran dan kematian, dan perubahan status secara sah seperti perkawinan, perceraian, dan migrasi. Metode yang kedua yaitu metode tidak langsung yang digunakan saat data utuh tidak tersedia, misalnya pada negara berkembang dan demografi masa lampau.


Dan masih banyak ilmu terapan lain dari statistik. Nah sudah tahukan cabang-cabang ilmu statistik itu apa saja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.



Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Statistika
https://www.scribd.com/document/98731328/Aplikasi-Fisika-Statistika
https://www.scribd.com/document/337308149/Official-Statistik
https://www.academia.edu/7993549/Tujuan_biostatistik_dalam_kesehatan
http://reliance-life.com/oneclick/?p=935

Beri Komentar