Resensi: Anak Berbahasa Angka

April 01, 2012 igsd


Judul : Indonesia Mengajar
Penulis : Pengajar Muda
Penerbit : Bentang
Tanggal terbit : Cetakan Pertama, November 2011
Cetakan Kedua , Desember 2011
Cetakan Ketiga, Januari 2011
Cetakan Keempat, Februari 2011
Tebal : 322 halaman
Harga : Rp.54.000,-

“Mencerdaskan kehidupan bangsa”,inilah salah satu kutipan yang dapat kita temui saat membaca pembukaan UUD 1945. Kalimat yang merupakan janji kepada tanah air untuk saling mencerdaskan, mengajar, memberi manfaat dan menginspirasi bagi sesama. Banyak cara dapat kita lakukan mulai dari hal terkecil. Langkah awal tak memandang usia atau pun subjek, yang terpenting adalah keikhlasan dan rasa kepedulian terhadap sesama dan cinta akan tanah air.

Salah satu aksi nyata akan realisasi janji kepada tanah air ialah, dengan adanya pengajaran yang dilakukan oleh 51 pengajar muda berprestasi dari berbagai wilayah di Indonesia yang dengan ikhlas mengemban amanah menjadi pengajar seantero daerah pelosok yang tersebar di tanah air. Menjalankan tugas selama satu tahun ditemani teknologi yang langka, akses sulit dan fasilitas minim membuat mereka tak goyah akan niat awal mereka.suka duka saat mengajar, maupun saat di aktivitas biasa mereka alami.

Semua kisah suka duka para guru muda ini mereka rangkum menjadi satu karya inspiratif bagi semua yang membacanya.

Indonesia Mengajar merupakan kumpulan kisah para pengajar muda mengenai apa yang mereka rasakan dan alami disat menjalani satu tahun masa mengabdikan diri. Pelajaran akan keikhlasan dan ketulusan dalam berbagi mereka tuangkan. Tak jarang juga, pengalaman saat mengajar dan kisah murid, yang mereka bagikan. Salah satu kisah pengajar muda yang diabadikan oleh Bentang, adalah kisah Rahmat Danu Andika, pengajar didaerah Halmahera Selatan. Rahmat menceritakan salah satu murid uniknya, yang selalu menghilangkan dahaga kasih sayang kepadanya. Berbagai cara ia lakukan.mulai berpura-pura terluka dan meminta untuk segera diobati, mengikuti setiap kelas yang diajar oleh sang guru, hingga membereskan kamar sang guru. Satu hal yang unik dari diri anak ini, yakni kemampuan dalam hal berhitung. Yah, dengan teknik berhitung yang unik,dan penguasaan materi lebih baik untuk seusianya membuat sang guru jatuh cinta padanya.

Buku ini sangat layak untuk dijadikan bahan inspirasi dan motivasi. Kisah nyata yang diangkat dari sebagian episode kehidupan pengajar muda.yang mengajarkan arti kesabaran, ketulusan, niat dan tekad untuk memajukan sesama. Buku yang telah melewati empat kali cetakan ini disusun dengan rapi, setiap kisah dikumpulkan menurut makna dari kisah mereka, sehingga kita dengan mudah menemui makna kisah tersebut. Buku ini menyertakan beberapa potret pengalaman para pengajar muda di daerah masing-masing, peta penyebaran di seluruh pelosok tanah air, sehingga kita lebih jelas dalam mendalami kisah mereka .


Oleh: Nur Lisa Syahbani (1A)

Beri Komentar