Banggalah Anda Menjadi Calon Ahli Statistik

Juli 10, 2011 igsd

Statistik…yah sebuah ilmu yang sejauh pengetahuan saya merupakan salah satu ilmu yang “disegani”. Kenapa saya sebut “disegani”? pernah ga temen-temen dapat komentar, “apa?kamu masuk jurusan statistik?gila…gua aja minta ampun dah kalo ketemu ma yang namanya statistik”. Ko ampe segitunya ya? Hehe. tapi pernah ga temen-temen juga dapat komentar,”ngapain milih statistik? Statistik mah diajarin hampir disemua jurusan di universitas umum”.

Gimana nih menurut temen-temen? Kalo menurut saya sih lebih baik kita ga perlu berkecil hati sama komentar yang kedua, bahkan saya sarankan temen-temen semua berbesar hati. Kenapa?

Saya teringat apa yang disampaikan ibu Ika Yuni pada saat mengisi acara “OR Forkas”. Pada kesempatan tersebut, beliau memberikan gambaran betapa beruntungnya kita telah memilih untuk mendalami Ilmu Statistik. Karena beliau berkata bahwa saat ini, masih sangat sedikit sekali ahli statistik di Indonesia. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa seseorang yang ahli statistik bisa bekerja hampir dibanyak bidang pekerjaan. Mengapa? Karena ahli statistik tentu pandai mengolah data. Sementara data sangat diperlukan oleh berbagai bidang guna melihat perkembangan usaha mereka.

Saya juga teringat perbincangan kecil dengan seseorang yang bekerja di sebuah BUMN. Beliau bercerita bahwa hanya ada 4 orang ahli statistik yang bekerja disana. Dan itupun tanpa melalui seleksi karena menurut beliau saat ini masih susah untuk mencari ahli statistik. Perbincangan singkat kami tersebut seolah semakin menegaskan apa yang disampaikan oleh ibu Ika Yuni pada saat OR Forkas dahulu.

So, guys…banggakah Anda akan menjadi ahli statistic kelak?

Oleh: Delly

Beri Komentar