Ibu Rumah Tangga di Dunia Perstatistikaan Indonesia

Juni 17, 2012 igsd


Dunia perstatistikaan Indonesia, hal yang mungkin kalah pamor dengan bidang lainnya seperti ekonomi, sosial, lingkungan,dll. Sebuah sistem yang menghasilkan data di berbagai bidang dan itu sangat berguna. Banyak kegiatan di dunia perstatistikaan ini, yang pada intinya semua bertujuan memperoleh data dan mengolahnya menjadi berbagai indikator-indikator yang siap dianalisis untuk berbagai keperluan. Berbagai jenis survey dan sensus pernah dilaksanakan di Indonesia oleh berbagai penggiat statistik. Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penggiat statistik milik pemerintah dan berbagai lembaga survey lain milik swasta, merupakan para penggerak Dunia perstatistikaan Indonesia.

Khusus BPS, merupakan official statistics yang menyediakan data statistik (dasar, sektoral, dan khusus) untuk keperluan berbagai pihak yang membutuhkan data, khususnya untuk instansi pemerintah. Data milik BPS meliputi berbagai bidang kehidupan di Indonesia seperti sosial, pertanian, lingkungan hidup, ekonomi,dsb. Sehingga sangat penting peran BPS dalam proses pembangunan tanah air kita ini.

Dalam proses pengumpulan data, pastinya dibutuhkan unit-unit yang bisa digali informasinya. Misalnya saat Sensus Penduduk 2012, rumah kita pasti didatangi untuk didata dengan ditanyai berbagai pertanyaan. Rumah tangga kita saat itu telah dijadikan salah satu unit yang dicacah. BPS sering dalam berbagai kegiatannya menjadikan rumah tangga sebagai unit pencacahannya. Misalkan pada 3 sensus BPS yaitu sensus penduduk, pertanian, dan ekonomi. Selain itu juga pada survey-survey penting BPS seperti Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) dan SBH (Survei Biaya Hidup) yang memberikan update berbagai data sosial ekonomi tiap caturwulan untuk tingkat nasional provinsi dan tiap tahun untuk kabupaten.

Hubungannya dengan ibu rumah tangga, sangat sering para ibu-ibu ini yang dijadikan prioritas narasumber. Mereka dianggap ART (Anggota Rumah Tangga) yang paling tahu dan mengerti akan apa yang ditanyakan tentang rumah tangga mereka. Terutama untuk Susenas dan SBH yang banyak terdapat pertanyaan tingkat pengeluaran konsumsi rumah tangga. Mereka dipercaya mampu memberikan data yang terpercaya dan akurat sesuai dengan kenyataan. Itulah peran penting ibu rumah tangga di dunia perstatistikaan Indonesia yang masih belum banyak disadari. Ayo mari kita menjadi responden yang baik demi kemajuan negeri kita ini.

Beri Komentar