Sosok Statistisi: Karl Pearson

Januari 06, 2013 igsd

Karl Pearson adalah seorang pencetus disiplin ilmu matematika Statistika. Pada tahun 1911 ia mendirikan universitas pertama di dunia departemen statistik di University College London. kontribusi Karl Pearson dalam bidang statistika adalah sangat banyak.

Karl Pearson lahir dari pasangan William Pearson dan Fanny Smith pada tahun 1857. semula namanya adalah Carl Pearson, namun secara tidak sengaja berubah menjadi Karl Pearson ketika ia kuliah di Universitas Heidelberg pada tahun 1879. Karl Pearson dididik secara pribadi di University College School, setelah itu ia pergi ke King’s College, Cambridge pada 1876 untuk belajar matematika. kemudian ia menghabiskan sebagian 1879 dan 1880 untuk mempelajari sastra Jerman abad ke-16 di Universitas Berlin dan Heidelberg. Dia lulus dari Universitas Cambridge pada tahun 1879. Dia kemudian pergi ke Jerman untuk belajar fisika di Universitas Heidelberg di bawah GH Quincke dan metafisika bawah Kuno Fischer.

Pada 1890 ia menikah dengan Maria Sharpe. Karl Pearson dan Maria memiliki dua anak perempuan, Sigrid Loetitia Pearson dan Helga Sharpe Pearson, dan satu putra, Egon Sharpe Pearson. Egon Pearson menjadi ahli statistik terkenal sendiri, mendirikan Pearson lemma Neyman. Ia menggantikan ayahnya sebagai kepala Departemen Statistik Terapan di University College.

Dalam bidang statistika, Karl Pearson mengembangkan matematika statistika secara luas yang mencakup bidang biologi, epidemiologi, antropometri, kedokteran dan sosial sejarah. Pada tahun 1901, dengan Weldon dan Galton, ia mendirikan jurnal Biometrika yang objek adalah perkembangan teori statistik. Dia menerbitkan Memoar Penelitian Drapper Company yang sebagian besar untuk memberikan catatan output dari Departemen Statistik Terapan tidak dipublikasikan di tempat lain. Karl Pearson berkontribusi banyak dalam classical statistics yang sampai saat ini masih kita pergunakan. kontribusi Pearson diantaranya adalah Correlation coefficient, Method of moments, Pearson’s system of continuous curves, Chi distance, P-value, Foundations of the statistical hypothesis testing theory and the statistical decision theory, Pearson’s chi-square test, Principal component analysis.
Karl Pearson meninggal pada 27 April 1936, namun kontribusi dalam Statistika yang sangat banyak menjadi fundamental ilmu Statistika yang masih ada hingga sekarang.


Sumber : http://brianstat.blogspot.com/2010/12/karl-pearson.html

Beri Komentar