Pola Hidup Sehat Mahasiswa STIS (1)

Juni 21, 2014 sa

Bagi mahasiswa, aktivitas padat baik itu kegiatan perkuliahan maupun kegiatan lainnya merupakan rutinitas yang harus dijalani. Oleh karena itu penting sekali bagi mahasiswa untuk memperhatikan kesehatan yang merupakan unsur utama yang mendukung rutinitas tersebut.

Di lingkup mahasiswa STIS sendiri, terdapat bermacam-macam pola hidup yang biasa dijalani oleh mahasiswa. Survey yang dilakukan terhadap 315 sampel dari total 1664 mahasiswa menunjukkan macam-macam pola hidup mahasiswa dengan berbagai kombinasi antara lain lama tidur, jam tidur, frekuensi makan, jam makan, jenis makanan yang dikonsumsi, frekuensi olahraga dan sakit yang pernah dialami.

Body Mass Index

Body Mass Index (BMI) merupakan salah satu cara untuk menentukan status gizi dengan membandingkan berat badan dan tinggi badan , dengan menggunakan rumus :

BMI = BB(kg) / TB2 (dalam meter)


didapatkan penggolongan BMI sebagai berikut:
Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 315 mahasiswa STIS, sebanyak 245 mahasiswa atau 77,8 % memiliki BMI normal. Hal ini menunjukkan mahasiswa STIS memiliki status gizi yang tergolong normal.
Hanya sebesar 4,1 % mahasiswa STIS yang tergolong obesitas dan 7% mahasiswa yang tergolong kegemukan. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti Diabetes (kencing manis), Serangan Jantung, Hipertensi, Asam urat, kolesterol tinggi dan juga Sleep Apnea yaitu kesulitan tidur nyenyak karena gangguan pernapasan. Oleh karena itu, mengetahui Indeks BMI tubuh kita merupakan hal yang penting agar kita dapat menjaga berat badan kita selalu pada kondisi yang normal sehingga dapat menurunkan risiko timbulnya penyakit-penyakit yang dikarenakan oleh Obesitas ini.


Jam Mulai Tidur Pada Malam Hari

Sebagian besar mahasiswa tidur pada pukul 21.00 hingga pukul 00.00, sebanyak 30,2 % mahasiswa mengaku terbiasa tidur pada pukul 23.00 dan 28,6% mahasiswa tidur pada pukul 22.00.

Beri Komentar