Infografis Penyakit Kardiovaskular

April 11, 2015 inflasi infografis

Selamat malam teman! Apa kabar? Sehat kan?
Berbicara tentang kesehatan, 7 April lalu merupakan hari kesehatan nasional. Nah, Forkas ingin menyampaikan informasi yang tentunya sangat bermanfaat mengenai kesehatan. Apakah itu?

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang disebabkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah. Nah, termasuk di antaranya penyakit jantung koroner dan penyakit stroke. Selengkapnya baca informasi berikut


Hari kesehatan sedunia dirayakan pada tanggal 7 April setiap tahunnya, untuk menandai berdirinya WHO pada tahun 1948. Setiap tahun tema yang dipilih menyoroti prioritas kesehatan manusia. Untuk tahun ini WHO mengambil tema tentang “From Farm to Plate Make Food Safe” tetapi pada kali ini, tema yang kita pilih berbeda dengan tema dari WHO, kita memilih tema yang berjudul “Mari Menuju Hidup Sehat dengan Jantung yang Sehat”. Tema tersebut dipilih karena secara global penyebab kematian nomor 1 penyakit tidak menular adalah penyakit kardiovaskuler.

Penyakit kardiovaskuler adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah seperti : penyakit jantung koroner, penyakit gagal jantung atau payah jantung, hipertensi dan stroke. Penyakit jantung koroner adalah penyebab tunggal terbesar kematian di negara maju dan di negara berkembang. Menurut statistik dunia, ada 9.4 juta kematian setiap tahun yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular dan 45% kematian tersebut disebabkan oleh penyakit jantung koroner (WHO, 2013). Di Indonesia sendiri telah banyak orang dari berbagai kalangan umur dari muda hingga tua mengalami penyakit kardiovaskuler.Ada berbagai macam penyakit kardiovaskuler, yang paling umum dan paling terkenal adalah penyakit jantung koroner dan stroke. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kardiovaskuler yaitu hipertensi, diabetes mellitus, dislipedemia, kurang aktivitas fisik, diet tidak sehat dan stress.

Oleh karena itu perlu adanya pencegahan dan pengenalan dini untuk gejala penyakit kardiovaskuler agar resiko yang terjadi tidak terlalu besar. Jagalah selalu perilaku hidup sehat, agar tubuh kita tetap sehat selalu. Salam sehat untuk seluruh penduduk Indonesia!

Beri Komentar