Objek Oriented - Mendesain Sebuah Program

Desember 16, 2011 igsd komputasi

Anda mengalami kesulitan dalam membuat sebuah program? Pemograman bukan hanya sekedar menuliskan syntax. Lebih dari itu, pemograman melibatkan berbagai aspek, diantaranya Perencanaan dan desain. Desain program yang buruk, akan menghasilkan pekerjaan yang dilakukan menjadi kurang baik hasilnya.

Ada sebuah istilah dalam dunia pemograman "anda tidak boleh terburu buru dalam membuat program, semakin cepat anda memulai langkah dengan menuliskan program/syntax, maka akan semakin lama pekerjaan itu selesai". Ini merupakan bagian dari pemograman berorientasi objek. dengan kata lain, semakin baik kita dalam mendesain program, semakin cepat pekerjaan selesai dengan hasil yang kita inginkan.

Siklus pengembangan Perangkat Lunak
Pengembangan Perangkat Lunak, merupakan sebuah proses mendesain dan menulis/coding perangkat lunak. Siklus pengembangan Perangkat Lunak merujuk pada beberapa fase yang berbeda.secara umum kita dapat membagi tahapan tersebut mejadi 4 bagian.

Tahapan-tahapan tersebut adalah:
  1. Spesification, (Spesifikasi) pada tahap ini kita harus membuat menjelaskan masalah, dan menjelaskan secara terperinci dari program yang akan di buat.
  2. Design, (Desain) pada tahap ini kita harus menentukan dan merancang berbagai macam Class, Method, dan Data, yang nantinya akan kita gunakan dalam program.
  3. Implementation, (Implementasi) tahapan ini merupakan menerapkan/mengimplementasikan desain yang kita buat kedalam kode program (Java, C++, atau bahasa Pemograman lain yang berorientasi Objek).
  4. Testing, (Uji Coba) tahapan ini dilakukan untuk mengetahui kinerja program yang kita buat.

Jadi untuk membuat program yang bagus, mulailah dengan belajar mendesain program. Moga bermanfaat.

Oleh: M.A

Beri Komentar