Dimana dan Bagaimana Statistisi Berperan Untuk Negara

Maret 22, 2012 igsd

Belakangan ini tentu masih sangat bersahabat dengan telinga kita bahwa banyak masalah yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia saat ini, seperti korupsi, kenaikan harga BBM, hingga peristiwa badai matahari yang mengancam bumi. Apakah pernah Anda terbesit pikiran bahwa dimanakah peran kita dibutuhkan pada saat hal tersebut terjadi? Dan mungkin Anda sebagai statistisi akan menjawab, “Kita akan menyediakan data – data yang berhubungan dengan masalah tersebut hingga dapat menjadi sesuatu yang berguna untuk menyelesaikan atau menanggulangi masalah tersebut.” Atau pun “Kita akan mengolah atau dan menganalisis data – data yang tersedia sehingga membentuk suatu penilaian mentah dari data tersebut.” .

Kita sebagai statistisi seharusnya tidak hanya berkutat pada bidang yang berhubungan dengan penyediaan, pengolahan, penganalisis dan penginterpretasian saja untuk dapat berperan serta dalam menghadapi masalah – masalah yang dihadapi dunia saat ini , namun bisa juga melalui kegiatan lain yang bersifat menopang secara langsung maupun tidak langsung dengan tidak melupakan hakikat kita sebagai statistisi. Kegiatan lain yang dimaksud adalah kegiatan bersifat kemanusiaan pada saat peristiwa bencana alam terjadi, kegiatan bersifat organisasi kemasyarakatan (OrMas) yang terkait apabila terjadi peristiwa yang menyangkut khalayak ramai. Dan dalam kegiatan tersebut kita juga dapat meaplikasikan keahlian kita dalam hal – hal yang berbasis statistik. Dan tentu Anda sebagai mahasiswa berpikir “Kita kan masih mahasiswa apakah ilmu yang kita dapat sementara ini berguna dalam keadaan yang dibutuhkan seperti contoh peristiwa di atas? ”. Dan kita pun hendaknya tahu atas pertanyaan tersebut, tentu saja walau pengetahuan mengenai statistik kita belum mencapai tingkat tertentu, hendaknya kita tetap berusaha dengan cara dan kemampuan kita sendiri, seperti: kita memulai sesuatu yang kita anggap baik mulai dari diri kita, kita aplikasikan pengetahuan kita dengan memberikan ilmu yang kita dapat kepada teman – teman khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Penulis pun menyadari bahwa melakukan kegiatan itu lebih sulit dari bicara atau teori saja. Tetapi kita sebagai sesama statistisi hendaknya pun saling mengingatkan kepada kebaikan yang nantinya akan berguna bagi kita dan orang lain tentunya. KITA PASTI BISA.

Beri Komentar