Infografis Hari Hutan Sedunia

Maret 31, 2016 inflasi infografis



Selamat Pagi :)))
Ada yang tahu kalo 21 Maret 2016 kemarin kita memperingati Hari Hutan Sedunia. Adapun tema untuk tahun ini adalah "Hutan dan Air". Tema tersebut dipilih karena hutan dan lahan basah memiliki peran penting bagi dunia sebagai akses penyedia air bersih.

Setiap tahunnya 13 juta hektare hutan (luas yang kurang lebih sama dengan luas negara Inggris) menghilang dari muka bumi.[3] Bersamaan dengan hilangnya hutan, hilang pula ekosistem yang ada di dalamnya, termasuk spesies tumbuhan dan hewan langka. 80% keanekaragaman hayati berdiam di hutan. Deforestasi menyebabkan 12 hingga 18 persen emisi karbon dunia tidak terserap, dan nilai tersebut setara dengan emisi karbon dari transportasi di seluruh dunia. Hutan juga merupakan media sekuestrasi karbon yang utama. Selain ekosistem, populasi manusia terutama masyarakat adat di sekitar hutan sangat bergantung pada hasil hutan non-kayu untuk penghidupan mereka.

Sedih banget ya.. padahal hutan adalah bank makanan terbesar lho! Kalau setiap tahunnya berkurang, akibatnya bank makanan makhluk hidup di dunia semakin hari semakin menipis. Makanya, ayo jaga terus kelestarian hutan kita.

Beri Komentar