Usai MotoGP 2022, Mampukah Sirkuit Mandalika Bangkitkan Keterpurukan Pariwisata NTB akibat Covid-19?

Maret 26, 2022 igsd

Sumber : www.indonesia.travel

Akhir-akhir ini, dunia dihebohkan dengan perhelatan berkelas internasional, yaitu MotoGP 2022. Ajang tersebut merupakan seri kejuaraan balap motor kelas utama yang tentunya ditunggu-tunggu oleh banyak pecintanya. Menariknya, kejuaraan bergengsi ini digelar di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pergelaran MotoGP yang telah berlangsung pada 18–20 Maret ini digadang-gadang menjadi harapan untuk membangkitkan industri pariwisata Nusa Tenggara Barat yang saat ini tidak luput dari kemerosotan sebagai dampak pandemi Covid-19.


Kita bersama telah mengetahui bahwa pandemi Covid-19 membawa dampak negatif dalam berbagai sektor. Kemerosotan dalam sektor pariwisata akibat kebijakan yang menganjurkan untuk membatasi kerumunan merupakan salah satu bukti nyata dampak negatif pandemi yang melanda banyak daerah, termasuk juga di NTB. Jumlah wisatawan dan tingkat penghunian kamar hotel di NTB mengalami penurunan drastis selama pandemi. Namun, dengan adanya ajang MotoGP yang diadakan di sana, akan ada ribuan orang yang datang ke Lombok. Hal ini jelas akan meningkatkan perputaran uang di daerah tersebut. 

Sumber : BPS, Survei Hotel Bulanan

Sumber : Portal Satu Data NTB

Berdasarkan catatan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, event internasional MotoGP telah menyumbang ekonomi lokal sebesar 500 miliar rupiah pada saat tes pramusim. Tidak hanya itu, ajang ini juga telah menciptakan 11 ribu lapangan kerja yang diprediksi akan meningkat menjadi 50–70 ribu saat MotoGP berlangsung. Sungguh kabar baik bagi kita semua yang berharap ajang ini mampu menjadi penarik minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah Mandalika dan juga mampu memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitarnya. Terlebih dengan fakta bahwa Sirkuit Mandalika telah mengantongi kontrak dari Dorna Sport, promotor MotoGP selama 10 tahun.


Benar saja, antusiasme perhelatan MotoGP Mandalika 2022 sangat menggairahkan bagi perekonomian Lombok, khususnya Lombok Tengah. Sekitar 60 ribu penonton baik lokal maupun asing, berbondong-bondong memadati area Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika selama acara berlangsung. Tidak hanya dari kalangan penonton, tetapi juga dari kru, pembalap Moto3, Moto2, dan MotoGP yang bertolak dari negara masing-masing menuju ke Sirkuit Mandalika sebanyak 9 rombongan. Mereka tentunya turut ambil bagian dalam ajang MotoGP Mandalika 2022 ini. Ajang MotoGP ini langsung memberikan dampak pada sektor ekonomi dan pariwisata bagi Provinsi NTB, khususnya daerah Lombok Tengah. Dampak positif dari segi ekonomi, terutama datang dari UMKM di Lombok yang mengalami peningkatan pendapatan. Pendapatan mereka meningkat karena wisatawan yang datang banyak yang membeli kerajinan atau cendera mata khas Lombok. Tingkat keterisian atau okupansi hotel di Lombok pun mengalami peningkatan hingga mencapai 95% selama MotoGP 2022. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB menyebutkan angka 95% tersebut didapat dari data PHRI NTB dengan jumlah 1.642 hotel dan 18.200 kamar yang dipesan selama MotoGP 2022. Ajang MotoGP yang diselenggarakan di Lombok, Mandalika ini ternyata mampu membangkitkan kembali ekonomi Lombok yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.


Selepas event MotoGP Mandalika 2022, perbincangan tentang Sirkuit Mandalika tidak langsung sepi begitu saja. Saat ini, pemerintah sedang melakukan evaluasi dari pelaksanaan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 lalu. Setelahnya, Sirkuit Mandalika akan menjadi saksi bisu pelaksanaan event internasional otomotif kembali yaitu Event GT Challenge dan World Superbike (WSBK). Hal ini menunjukkan eksistensi dari Sirkuit Mandalika yang berkelanjutan. Ke depannya, Sirkuit Mandalika memiliki masa depan yang cerah karena sudah disoroti oleh dunia internasional.


Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perhelatan MotoGP yang diadakan di Sirkuit Mandalika ternyata mampu meningkatkan pariwisata di Lombok. Bahkan, saat latihan pramusim ini saja sudah membawa dampak positif yang besar, loh! Terlebih lagi saat pelaksanaan acara tentu semakin banyak turis yang berdatangan. Tidak berhenti sampai di situ, Sirkuit Mandalika pun nantinya akan menjadi tempat pelaksanaan event lainnya yang pastinya akan menjadi daya tarik pariwisata NTB.


Beri Komentar