Pembekalan Awal Penelitian

April 09, 2011 kegiatan statistician

Tanggal 2 April 2011, Sabtu, di Kampus STIS ruang 601 diadakan pembekalan awal bagi anggota FORKAS untuk menyelenggarakan STATISTICIAN oleh ka Teguh yang merupakan Ketua FORKAS periode 2009/2010 sekaligus Ketua PKL angkatan 50. STATISTICIAN merupakan singkatan dari Statistici in Action adalah suatu kegiatan penelitian yang dilakukan oleh anggota FORKAS yang bertujuan untuk pembelajaran dini dalam hal riset dan untuk membiasakan anggota FORKAS melakukan suatu penelitian karena penelitian adalah modal penting bagi seorang statistisi untuk pemecahan suatu masalah. STATISTICIAN ini sudah mulai bergerak pada minggu pertama April ini dan insya Allah akan berakhir pada bulan Juni 2011. Ruang lingkup penelitian STATISTICIAN hanya melingkupi lingkungan STIS. Tema untuk STATISTICIAN perdana ini adalah “Kajian untuk Melihat Tingkat Kesejahteraan Mahasiswa STIS dan Keterkaitannya dengan Tunjangan Ikatan Dinas”.

Pembekalan awal kali ini menjelaskan tentang pemahaman penelitian lebih dalam, dimana penelitian itu pengertiannya luas namun pada intinya penelitian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencari dan mendapatkan informasi baru. Sebenarnya mengapa sih kita meneliti ? Salah satunya adalah karena manusia dianugrerahi suatu curiosity dimana hasrat keingintahuan ini mendorong manusia untuk mencari suatu permasalahan dan memecahkan permasalahan itu. Seseorang yang sudah sangat kita kenal yaitu Albert Einstein mengatakan “Great scholars do not solve the problem, they create them”. Yap, itulah seorang ilmuwan besar, mereka tidak hanya terpaku pada pemecahan masalah yang sudah ada namun mereka mencari terus-menerus permasalahan lainnya karena permasalahan itu tidak ada batas dan mereka juga bisa membuat suatu permasalahan yang nantinya akan mereka pecahkan. Sehingga pembelajaran untuk penelitian kali ini adalah lakukan evaluasi! Dimana dari evaluasi ini akan bermunculan masalah-masalah baru yang membuat kita terus mencoba untuk memecahkannya, tidak hanya berhenti pada satu penelitian ini saja.

Yang berkaitan erat dengan penelitian adalah data. Data terbagi dua, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif adalah data yang tidak berhubungan dengan angka, termasuk di dalamnya adalah skala nominal dan ordinal. Sedangkan kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, bisa dijumlahkan atau dikurangkan, termasuk di dalamnya adalah skala interval dan rasio. Untuk data kuantitatif yang berdistribusi normal lebih akurat jika kita menggunakan uji parametrik Sedangkan untuk data kualitatif dan data kuantitafif yang tidak diketahui distribusinya biasanya digunakan uji nonparametrik.

Sumber data terbagi dua, yaitu primer dan sekunder. Data primer yaitu data yang sebelumnya tidak ada dan kita bisa mendapatkannya dengan interview langsung, melalui telepon, atau dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan data sekunder adalah data yang sudah tersedia, data itu bisa berasal dari BPS, ataupun lembaga-lembaga riset lainnya. Untuk STATISTICIAN kali ini, kami menggunakan data primer dengan cara interview langsung kepada responden dan anggota FORKAS tingkat 1 dan 2 bertugas sebagai PCL (pencacah lapangan).

Untuk bagian-bagian yang ada dalam STATISTICIAN ada 5 seksi, yaitu Umum, Sampling, Kuesioner+kondef, Analisis, dan Pengolahan.

Deskripsi pekerjaan dari masing-masing bagian adalah.
  1. Bagian umum : diantaranya bertugas untuk menyiapkan segala kebutuhan saat rapat akbar, pembekalan-pembekalan narasumber, dan seminar akhir. 
  2. Bagian sampling : bertugas untuk memutuskan sampling yang akan digunakan dalam penelitian dan hal-hal metodologi lainnya. 
  3. Kusioner+kondef : bertugas untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan judul penelitian dan menjelaskan konsep dan definisi. 
  4. Analisis : bertugas membuat tujuan dari topic yang telah ditetapkan, membuat rumusan masalah, menganalisis hasil yang diperoleh dilapangan. Analisis terbagi dua, yaitu analisis deskriptif dan inferensia. Selain itu, analisis juga membuat indikator dan variabel penelitian serta melakukan pendugaan-pendugaan dan perumusan hipotesis. 
  5. Pengolahan : bertugas untuk mengolah data yang didapatkan. Kemudian mengolahnya dengan teknologi komputer dengan software CSPro agar memudahkan dalam hal entry, modify, dan tabulasi.
Besar harapan kami, anggota FORKAS, agar kegiatan penelitian ini lancar, berhasil, dan hasilnya bermanfaat bagi anggota FORKAS pada khususnya dan mahasiswa STIS serta calon mahasiswa STIS pada umumnya.


Oleh: Teguh Widodo, Fitri Handayani

Beri Komentar