Aplikasi Software Statistik R

Desember 15, 2012 igsd

R adalah suatu software untuk menganalisis data statistik, yang hampir sama seperti SPSS, MINITAB, S-plus, SAS, atau Eviews. Namun, R berbeda dengan SPSS, MINITAB, S-plus, SAS, atau Eviews, yang di Indonesia masih menggunakan paket-paket statistik komersil. R termasuk kelompok software statistik open source yang tidak memerlukan lisensi/gratis, atau yang dikenal dengan freeware.

Paket R memiliki fasilitas yang sangat banyak untuk analisis data statistik, mulai dari metode yang klasik sampai dengan yang modern, seperti pengolahan data frekuensi, korelasi, regresi, dan lain sebagainya. Sungguh software yang sangat bermanfaat dan membantu mengurangi pembajakan dan mengurangi pengeluaran.

Selain Software Statistik R ini GRATIS, software ini juga sangat mudah digunakan. Dimana software R ini merupakan versi gratis dari bahasa S dari software (berbayar) yang sejenis yakni S-PLUS yang banyak digunakan para peneliti dan akademisi dalam melakukan kegiatan ilmiahnya.

R berbasis pada bahasa pemrograman S, yang dikembangkan oleh AT&T Bell Laboratories (sekarang Lucent Technologies) pada akhir tahun 1970 an.

Pada awalnya, versi pertama R dibuat oleh Ross Ihaka and Robert Gentleman dari Universitas Auckland, namun selanjutnya R dikembangkan oleh tim yang disebut tim inti.

Tim inti (core team) terdiri dari ahli statistik, ahli komputer & pemrograman, geografi, ekonomi dari institusi yang berbeda dari seluruh dunia yang mencoba membangun sebuah sistem (software) yang handal namun dengan biaya yang sangat murah.

Adapun Kehebatan-Kehebatan dari R adalah:
1) Efektif dalam pengelolaan data dan fasilitas penyimpanan. Ukuran file yang disimpan jauh lebih kecil dibanding software lainnya.
2) Lengkap dalam operator perhitungan array,
3) lengkap dan terdiri dari koleksi tools statistik yang terintegrasi untuk analisis data, diantaranya, mulai statistik deskriptif, fungsi probabilitas, berbagai macam uji statistik, hingga time series.
4) tampilan grafik yang menarik dan fleksibel ataupun costumized
5) dapat dikembangkan sesuai keperluan dan kebutuhan dan sifatnya yang terbuka, setiap orang dapat menambahkan fitur-fitur tambahan dalam bentuk paket ke dalam software R
6) R bersifat multiplatform, yakni dapat diinstall dan digunakan baik pada system operasi Windows , UNIX/LINUX maupun pada Macintosh. Untuk dua system operasi disebeutkan terakhir diperlukan sedikit penyesuaian.

Walaupun lingkungan R (R environment) tidak menyebutkan statistik, namun banyak orang menggunakan R sebagai sistem statistik. Hal ini dikarenakan kemampuan R dalam mengolah dan menganalisis data cukup baik.

Jika anda tertarik menggunakan software R, anda bisa mampir ke: http://www.r-project.org untuk mendownload software tersebut 

Beri Komentar